Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Selamat Datang Di AgungEdu My ID Jangan Lupa untuk Comment dan Follow Website serta Medsos kami

Inovasi media Pembelajaran di daerah tanpa Jaringan.

Jaringan Tidak ada apakah masih Perlu TIK untuk Pembelajaran?

Tentu perlu. Meskipun di Sekolah tidak memiliki TIK yang identik dengan online. namun kita sebagai guru tetap bisa menggunakan cara manual tetapi nilai inovasi di dalam pembelajaran tetap ada. salah satunya media flash card atau dikenal dengan kartu bergambar. Dengan Teknologi yang telah tersedia namun di beberapa tempat masih belum dapat dijangkau atau telah terjangkau namun belum optimal. Agar pembelajaran tetap dapat dilakukan guru terus berinovasi. flash card dapat digunakan sebagai media yang digunakan pada beberapa materi atau kompetensi pembelajaran. salah satunya pada pembelajaran pembelajaran pada materi hewan disekitarku dengan media flashcard. Tujuan guru adalah agar tidak terjadi kesalahan atau miskonsepsi siswa sekolah rimba terhadap materi pembelajarn (Lestari et al., 2014). Maka guru merancang pembelajaran dan menyusun media flashcard materi hewan disekitarku. Media tersebut dapat dilihat pada gambar 2 berikut ini.

Sumber : documentasi peneliti

Gambar 1. Media Flash Card 

Pada dasarnya media memberikan kemudahan pada guru dan siswa untuk berkomunikasi dalam pembelajaran. sehingga media yang digunakan dapat berupa media digital maupun media cetak namun keduanya memerlukan TIK yakni dalam merancang, mendesain dan membuat atau mencetak hasilnya. namun secara jelas di daerah yang belum terjangkau jaringan dapat digunakan cara lain yakni media yang dicetak namun akan lebih interaktif jika dilakukan dengan akses tanpa batasan ruang dan waktu sebagai mana fitur Rumah belajar.

Sumber : documentasi peneliti

Gambar 2Media Flash Card 

Media flascard yang telah digunakan di Sekolah Rimba desa Gading Jaya memberikan efektifitas pada pembelajaran (selengkapnya lihat disini). namun akan lebih interaktif dan aktraktif dengan fitur sumber belajar Rumah belajar, namun hal ini masih dalam tahapan pengenalan.

Sumber: https://sumber.belajar.kemdikbud.go.id/#!/Content/Home/Details/afa3f2458de241199e314ef9e608f856

Gambar 3: Video Furqon Nurahman Kota Depok Berdasarkan jenis makanannya, hewan dibagi menjadi tiga, yaitu hewan herbivora, hewan karnivora dan hewan omnivora.

Posting Komentar untuk "Inovasi media Pembelajaran di daerah tanpa Jaringan."